115 Saka Dirgantara Pekanbaru Dilantik

Senin,16 April 2018 - 16:45:34 WIB

Penyematan badge Saka Dirgantara kepada perwakilan peserta saat acara pelantikan anggota baru Saka Dirgantara Lanud Rsn, Sabtu (14/4). Foto Pentak Lanud Rsn Pekanbaru

Riauaktual.com - Bertempat di Bumi Perkemahan Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, 115 Satuan Karya (Saka) Pramuka Dirgantara dilantik.

Pelantikan pada Sabtu (14/4) itu, sekaligus penutupan kegiatan perkemahan, yang dipimpin oleh Kabinpotdirga Lanud Rsn Letkol Kes Yulfiendri Yunus mewakili Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono.

Yulfiendri Yunus mengatakan, kegiatan perkemahan berlangsung selama dua hari. Peserta terdiri dari pelajar serta mahasiswa yang diberikan materi mengenai kepramukaan serta kedirgantaraan yang diberikan.

"Saka dirgantara sebagai unit kepramukaan yang dimiliki oleh TNI AU, yang merupakan salah satu upaya untuk melaksanakan pembinaan potensi kedirgantaraan bagi para generasi muda untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan dirgantara," kata Yunus, Senin (16/4).

Menurut dia, melalui Saka Dirgantara, para anggotanya tak hanya dapat mempelajari berbagai pengetahuan mengenai kepramukaan, namun juga dapat memperoleh ilmu dan wawasan mengenai TNI AU serta dapat mengembangkan minat dan bakat dalam bidang kedirgantaraan, yang pada akhirnya dapat mewujudkan generasi muda yang cinta tanah air dan dirgantara.

"Saya yakin, ke depannya para anggota baru dilantik ini akan mampu menjadi kader Saka Dirgantara yang patriotis, cinta tanah air dan juga cinta dirgantara, serta berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara," ungkap Yunus.

Sementara itu, lanjut dia, sebelum pelantikan para calon anggota Saka Dirgantara ini telah mendapatkan berbagai materi dan pelatihan mengenai kepramukaan, kedirgantaraan serta TNI AU.

Ke seratus lima belas anggota baru Saka Dirgantara Lanud Rsn ini terdiri dari 63 orang putra dan 52 putri yang berasal dari berbagai SMA, SMK, MAN serta universitas yang berada di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, lanjutnya.

Salah satu anggota baru Saka Dirgantara Ilya Zalila, siswi kelas XI MAN 2 Pekanbaru mengatakan bahwa Saka Dirgantara merupakan kegiatan yang sangat positif.

"Ini sangat positif. Dimana kami selain dididik serta dibina mentalnya, juga mendapatkan pengetahuan tentang kepramukaan serta kedirgantaraan yang akan berguna di masa depan," ucap Ilya.

Sedangkan Jefri Iskandar, siswa kelas X dari SMK Hasanah Pekanbaru, mengatakan bahwa kegiatan Saka Dirgantara ini sangatlah berguna dan mendidik untuk kaum muda, karena selain menambah wawasan dan pengetahuan, juga dapat menanamkan rasa cinta tanah air serta dirgantara.

"Saya bangga jadi bagian dari anggota Saka Dirgantara," ujarnya. (IG)