Real Madrid Ditumbangkan Villarreal di Bernabeu

Ahad, 14 Januari 2018

Real Madrid dikalahkan Villarreal di Santiago Bernabeu (REUTERS/Javier Barbancho)

Riauaktual.com - Real Madrid dapat hasil mengejutkan saat menjamu Villarreal. Mendominasi permainan dan punya banyak peluang, El Real menyudahi laga dengan kekalahan 0-1.

Bermain di Santiago Bernabeu, Sabtu (13/1/2017) malam WIB, Madrid menciptakan banyak peluang di sepanjang 90 menit pertandingan. Tapi semua upaya serangan yang dilancarkan El Real, total membuat 8 shot on target, tak ada yang membuahkan hasil.

Saat tekanan yang dilancarkan selalu bisa dipatahkan barisan belakang Villarreal, Madrid malah dipukul oleh sebuah serangan balik. Hanya sekitar tiga menit sebelum laga tuntas gawang Madrid dijebol Pablo Fornals.

El Real gagal mencetak gol balasan di sisa waktu permainan dan tambahan waktu tiga menit yang diberikan wasit.

Kekalahan ini menambah catatan buruk Madrid karena mereka gagal menang di tiga pertandingan terakhir La Liga. Rentetan ini berawal dari ketika Madrid dipermalukan Barcelona pada 23 Desember, dan dilanjutkan dengan hasil imbang 2-2 ketika bertamu ke Celta Vigo.

Ini menjadi kekalahan nomor empat yang diderita Madrid musim ini, yang tentunya membuat mereka makin tertinggal dari Barcelona di puncak klasemen. El Real masih bertengger di posisi empat dengan poin 32, sementara Barca ada di urutan teratas dengan poin 48.

Jalannya Pertandingan

Madrid langsung memberikan tekanan ke Villarreal begitu pertandingan dimulai. Tekanan demi tekanan yang dilancarkan membuahkan hasil saat Gareth Bale menanduk bola dari jarak dekat pada menit 14. Namun wasit langsung membatalkan gol itu karena Bale tertangkap offside saat menyambar bola yang dilepaskan Cristiano Ronaldo.

Tak sampai lima menit kemudian, peluang lain dipunya tuan rumah. Kali ini melalui Marcelo yang sepakannya berhasil diblok kiper Sergio Asenjo.

Ronaldo! Nyaris si pemain terbaik dunia memecah kebuntuan. Tendangan bebas yang dia lepaskan dari jarak sekitar 20 meter mental ke luar lapangan setelah membentur mistar gawang.

Peluang emas lain dipunya Ronaldo pada menit 30. Umpan yang dilepaskan Luka Modric membelah pertahanan Villarreal dan sampai di kaki Ronaldo. Ronaldo lantas menggiring ke kotak penalti dan berhadapan dengan kiper. Duel satu lawan satu itu tak membuahkan gol karena bola yang coba dicungkil Ronaldo melebar di tiang jauh. Ronaldo terlihat sangat kecewa dengan apa yang baru saja terjadi.

Semenit kemudian Ronaldo kembali membuang peluang, kali ini sepakan yang dia lepaskan cuma menyasar ke sisi luar jalan gawang.

Madrid mengkalim penalti di menit 35 saat Gonzalez terlihat menyentuh bola menggunakan tangannya ketika mencoba menghalau bola hasil crossing. Namun wasit tidak menunjuk titik putih dan memutuskan permainan dilanjutkan.

Sebelum babak pertama tuntas, Madrid kembali punya peluang bersih dari Ronaldo. Kans ini diawali umpan tarik yang dilepaskan Isco ke arah tiang jauh. Ronaldo yang berada di sana berhasil membelokkan bola ke gawang. Tapi sekali lagi gol tidak tercipta karena Asenjo melakukan penyelamatan gemilang dengan menghalaunya.

Villareral mencoba bangkit di awal babak kedua. Setidaknya ada dua tembakan mereka lepaskan dalam kurun empat menit, yang pertama melalui Pablo Fornals dan dilanjutkan oleh Denis Cheryshev. Tapi tak ada yang benar-benar membahayakan gawang Keylor Navas.

Tak kunjung bisa menjebol gawang Villarreal, pemain Madrid terlihat mulai frustrasi. Ini berujung pada kartu kuning yang diterima Carvajal di menit 58.

Perubahan taktikal coba dilakukan Zinedine Zidane saat memasukkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio untuk menggantikan Isco serta gareth Bale.

Namun upaya tersebut tak juga membuahkan hasil. Permainan rapat Villarreal, yang menumpuk pemain di kotak penalti, membuat upaya-upaya Madrid gagal.

Petaka untuk El Real datang di menit 86 saat mereka mendapat tendangan sudut. Dari momen itulah Villarreal melakukan serangan balik yang berujung gol.

Menyisir lapangan sambil membawa bola di sisi kiri lapangan, Cherysev lantas mengirim bola pada Unal yang menusuk dari tengah. Tembakan Unals bisa dihalau Navas, tapi bola mental dari momen itu jatuh ke kaki Fornals. Jeli melihat Navas sudah tidak berada di posisi yang tepat, Fornals melob bola melewati Navas dan masuk ke gawang.

Di sisa waktu permainan Madrid gagal mencetak gol penyama. Laga pun tuntas dengan skor 0-1 untuk Villarreal.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Varane, Nacho, Marcelo; Kroos, Casemiro, Modric; Bale ('70 Asensio), Isco ('70 Vazquez), Ronaldo.

Villarreal: Asenjo; Gaspar, Gonzalez, Bonera, Costa; Castillejo ('83 Rukavina), Rodri, Trigueros; Raba ('46 Cheryshev), Fornals, Bacca ('76 Unal).

 

Sumber : detiksport