Dinas Pendidikan Provinsi Riau Bedakan Anggaran BOS Tiap Daerah

Rabu, 06 Desember 2017

ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan (Disdik) tahun 2018 tetap menganggarkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kabupaten/kota, meski pengalokasiannya tidak sama rata
 
Untuk lima Kabupaten yakni Siak, Pelalawan, Bengkalis, Kampar dan Kuansing dialokasikan persiswa-nya sebulan Rp1,2 juta.

Sedangkan untuk 7 Kabupaten/Kota yakni Pekanbaru, Dumai, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Inhu, Inhil, Meranti hanya dialokasikan persiswa-nya Rp450 ribu perbulan.

Alasan Dinas Pendidikan Provinsi Riau cukup mengagetkan, hanya untuk menyamakan dengan yang sudah diberlakukan kabupaten sebelumnya.

Karena sebelum kewenangan Pendidikan SMA dan SMK dialihkan ke Provinsi, lima Kabupaten tersebut dibantu oleh Pemerintah Kabupaten dan ditiadakan pungutan uang komite, sehingga Disdik Riau hanya meneruskan tanpa membuat kebijakan baru.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Rudiyanto soal tidak meratanya penganggaran tersebut mengatakan, dengan perbedaan anggaran itulah menjadi sama rata.

Alasannya, 7 Kabupaten/Kota yang menerima Rp450 ribu itu masih menerapkan pungutan komite, sehingga terbantu dengan uang komite tersebut.

"Sedangkan lima Kabupaten yang menerima tinggi itu tidak pungut uang komite kepada siswa. Sehingga anggarannya dibesarkan, itulah untuk menyamakan dengan yang memungut komite," kata Rudiyanto.

Rudi juga menegaskan, ke depan tidak ada menyamaratakan penyaluran dana BOS Daerah tersebut. Apalagi tidak juga ada aturan harus disamakan. (nor)