Mobil Tak Dilengkapi STNK, Harga Jualnya Jatuh Berapa?

Rabu,15 November 2017 - 00:04:18 WIB
Share Tweet Google +

ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah surat penting yang wajib ada. Salah satu efek bila mobil tidak ada STNK-nya nilai jual mobil tersebut akan berkurang.

Chief Operation Officer Mobil88, Halomoan Fischer mengatakan jika STNK tidak ada dan pajak mati maka ada pengurangan harga jual mobil setara dengan biaya perpanjangan atau pembuatannya.

"Tergantung masing-masing mobil pajaknya berapa. Yang jelas kita cek dulu ke samsat pajaknya mati atau nggak," ujarnya sebagaimana diktuip dari detikOto.

"Kadang kan pajak nggak mati cuma STNK hilang, paling cuma biaya bikin STNK itu kan," tambah Fischer.

Namun kasus tersebut kata Fischer jarang terjadi. Rata-rata orang yang datang menjual mobilnya membawa surat-surat lengkap. "Jarang orang jual mobil tanpa STNK, biasanya kan STNK ada terus nempel terus," tuturnya.

Selain itu, Fischer juga mengatakan, tidak semua diler mobil bekas menerima mobil yang dijual tanpa STNK. "Karena ya nggak mau repot, kalau kita kan ada man power, sumber daya manusia kita lengkap ada tenaganya untuk bisa ngurusin surat-surat. Kalau diler-diler itu kan nggak mau repot, paling urus sendiri (penjual mobil) kalau sudah baru datang lagi," jelasnya.