Messi Quat-trick, Barcelona Gilas Eibar 6-1

Rabu, 20 September 2017

Lionel Messi mencetak empat gol ke gawang Eibar (Albert Gea/Reuters)

Riauaktual.com - Lionel Messi mencetak empat gol saat Barcelona bertemu Eibar dalam lanjutan La Liga. Empat gol dari Messi itu membantu Barca menang telak dengan skor 6-1.

Pada pertandingan di Camp Nou, Rabu (20/9/2017) dinihari WIB, Messi mencetak gol pada menit ke-20, 59, 62, dan 87. Dua gol Barca lainnya dicetak oleh Paulinho pada menit ke-38 dan Denis Suarez pada menit ke-53. Satu-satunya gol balasan Eibar tercatat atas nama Sergi Enrich pada menit ke-57.

Berkat kemenangan ini, Barca masih sempurna di La Liga pada musim ini. Blaugrana selalu menang dalam lima pertandingan awal dan kini memuncaki klasemen dengan 15 poin. Mereka unggul lima poin atas Sevilla yang berada di posisi kedua, tapi Sevilla baru main empat kali. Adapun Eibar berada di posisi ke-13 dengan 6 poin.

Barca tampil tanpa Luis Suarez, yang diistirahatkan, pada laga ini. Sementara itu, Ousmane Dembele absen lama akibat cedera parah. Tanpa dua pemain itu, lini depan Barca diisi oleh Messi, Denis Suarez, dan Gerard Deulofeu.

Meski tidak full team, Barca masih terlalu tangguh untuk Eibar. Pada babak pertama, tim tuan rumah unggul 2-0 melalui penalti Messi dan sundulan Paulinho.

Memaski paruh kedua, Barca mencetak empat gol tambahan. Messi tiga kali merobek gawang Eibar, sementara satu gol lainnya disumbangkan Denis Suarez. Adapun gol Eibar lewat Enrich akhirnya hanya menjadi gol hiburan untuk tim tamu.

Jalannya Pertandingan

Bertindak sebagai tim tamu, Eibar berani tampil ofensif di Camp Nou. Mereka dua kali mengancam gawang Barca pada menit-menit awal.

Pada menit keempat, umpan terobosan dari David Junca membuat Sergi Enrich langsung berhadapan dengan kiper Marc-Andre ter Stegen. Namun, Enrich menyia-nyiakan kesempatan setelah penyelesaiannya dimentahkan oleh Ter Stegen.

Takashi Inui juga punya kans untuk membawa Eibar memimpin pada menit kesepuluh. Tapi, tembakannya dari sudut sempit digagalkan oleh Ter Stegen.

Wasit menghadiahkan penalti untuk Barca saat laga memasuki menit ke-20. Pelanggaran Alejandro Galvez terhadap Nelson Semedo memaksa wasit menunjuk titik putih.

Messi yang menjadi eksekutor tendangan penalti ini menjalankan tugasnya dengan sempurna. Tembakannya tak terlalu kencang, tapi tak bisa dijangkau oleh penjaga gawang Marko Dmitrovic.

Messi berpeluang memperbesar keunggulan Barca enam menit kemudian. Sepakannya dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Eibar, tapi Dmitrovic terbang untuk menangkap bola.

Dmitrovic kembali menggagalkan percobaan Messi pada menit ke-37. Dia menjatuhkan diri untuk menepis tembakan mendatar Messi. Barca pun mendapatkan sepak pojok.

Dari sepak pojok itulah, Barca menambah keunggulannya menjadi 2-0. Paulinho menanduk dengan sempurna bola kiriman dari Denis Suarez untuk merobek gawang Eibar.

Hingga berakhirnya babak pertama, tak ada perubahan skor. Barca masih memimpin 2-0.

Awal babak kedua benar-benar berjalan seru. Dalam waktu sekitar 17 menit setelah restart, ada empat gol tambahan yang tercipta.

Denis Suarez mencetak gol ketiga untuk Barca pada menit ke-53. Menguasai bola muntah setelah tembakan Messi ditepis Dmitrovic, Denis sukses menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang dari jarak dekat.

Empat menit kemudian, Eibar memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-3 melalui gol Enrich. Sontekan Enrich meneruskan umpan silang Junca dari sisi kiri tak bisa diantisipasi oleh Ter Stegen.

Namun, Barca kembali menjauh pada menit ke-59 setelah Messi mencetak gol keduanya. Meski dikepung oleh tiga pemain lawan, Messi masih bisa menjebol gawang Eibar. Dia melihat sedikit celah dan dengan cerdik mengarahkan bola ke pojok bawah gawang. Barca memimpin 4-1.

Hanya tiga menit berselang, Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor. Dia bermain umpan satu-dua dengan Paulinho sebelum mengirim bola ke dalam gawang melalui sela dua kaki Dmitrovic.

Pada menit ke-71, Lucas Digne menyia-nyiakan sebuah peluang bagus. Tinggal berhadapan dengan Dmitrovic, tembakannya digagalkan oleh kiper Eibar itu.

Eibar nyaris mencetak gol di menit ke-86 lewat Ruben Jimenez Pena. Tapi, sepakan Pena hanya mengenai tiang gawang.

Messi melengkapi quat-trick-nya lewat gol pada menit berikutnya. Dia bekerja sama dengan Aleix Vidal sebelum membobol gawang Eibar melalui sontekan jarak dekat.

Di sisa waktu, Eibar memiliki kans untuk menipiskan kekalahannya. Namun, sundulan Charles hanya menghantam mistar.

Susunan Pemain
Barcelona: Ter Stegen, Semedo, Pique, Mascherano, Digne, Paulinho, Busquets (Rakitic 65'), Iniesta (Sergi Roberto 63'), Deulofeu (Vidal 75'), Denis Suarez, Messi

Eibar: Dmitrovic; Arbilla, Oliveira, Galvez, Junca, Dani Garcia (Rivera 77'), Escalante, Jordan, Capa (Pena 65'), Inui, Enrich (Charles 72')

 

Sumber : detiksport