33 WN Sri Lanka yang Terdampar di Nias Dibawa ke Imigrasi Sibolga

Minggu,13 Agustus 2017 - 06:00:36 WIB
Share Tweet Google +

Foto: WN Sri Lanka diberangkatkan ke Nias. (Dok Istimewa

Riauaktual.com - Sebanyak 33 warga negara (WN) Sri Lanka yang terdampar di Pantai Tureloto, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara (Sumut) diberangkatkan ke Kantor Imigrasi Sibolga. Keberangkatan mereka dikawal Polisi, TNI dan Pemkab setempat.

"Mereka (warga negara Sri Langka) diberangkatkan dengan menggunakan Kapal Blanak melalui Pelabuhan Angin Gunungsitoli," kata Wakapolres Nias Kompol Herwansyah sebagaimana dikutip dari detikcom, Sabtu (12/8/2017).

Ia mengatakan, WN Sri Lanka itu diberangkatkan pada Jumat (11/8) sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelumnya, mereka ditampung di Aula Kelurahan Pasar Lahewa.

"Sesampainya di Sibolga, WN Sri Langka tersebut akan ditempatkan ke Kantor Imigrasi Sibolga (untuk proses lebih lanjut). Mereka dalam keadaan sehat dan lengkap," jelas Herwansyah.

Baca juga: 33 WN Sri Lanka Terdampar di Pantai Tureloto Nias

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Rabu 9 Agustus 2017 sekitar pukul 10.00 WIB, dilaporkan adanya kapal kayu berbendera Sri Lanka terdampar di Pantai Tureloto. Polisi yang mendapat laporan itu kemudian menuju ke lokasi bersama nelayan setempat untuk menolong WN Sri Lanka.

Kapal yang ditumpangi mereka diketahui rusak di tengah laut. Dalam pemeriksaan, penumpang kapal itu berangkat dari Sri Lanka menuju New Zealand dan Australia dengan tujuan menghindari adanya perang saudara.