Musim Pancaroba, Pemprov Minta Suport Armada

Jumat, 19 Mei 2017

Edwar Sanger

Riauaktual.com - Musim pancoroba mulai menghampiri Riau. Peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau menjadi perhatian serius untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan (karlahut).

Sebagai salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat. Ini dilakukan untuk suport armada helikopter dalam mengantisipasi dan melakukan penanganan ancaman karlahut.  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, saat ini masih pada masa transisi. Kendati demikian, langkah antisipasi dan penganan terus dilakukan secara berkelanjutan.

“Tentunya kita terus melakukan pemantauan. Saat inikan masih pancaroba, peralihan dari musim penghujan menuju kemarau,” tuturnya, sebagaimana dikutip mcr hari ini.

Ia menilai, dari hasil informasi dari BMKG, pertengahan Mei sudah masuk musim kemarau. Intensitas hujan yang turun sudah mulai berkurang. Sehingga kerawanan karlahut dapat terjadi.

Diakuinya, langkah penanganan memang terus dilakukan. Begitu juga dengan berkoordinasi dengan meminta bantuan Helikopter ke Pemerintah Pusat.

“Kita baru minta bantuan Heli. Mudah-mudahan dapat segera dikirim ke Riau. Sedangkan untuk TMC belum ada. Yang pasti langkah antisipasi terus dilakukan," sambungnya.