Terapkan Smart City Pemko Dumai Teken MoU dengan PT Telkom

Selasa, 10 Januari 2017

Walikota Dumai H Zulkifli As menandatangani MoU kerjasama dengan PT. Telkom Dumai.

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Penko) Dumai telah menjalin kerjasama dengan PT. Telkom dalam menerapkan Smart City. Sebagai bentuk ikatan kerjasama itu, dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Walikota Dumai H, Zulkifli As dengan pihak Smart City Nusantara (SCN) Plasa Telkom Dumai, Senin kemarin.

Walikota Dumai Zulkifli As menuturkan, bahwa Dumai merupakan kota pertama yang menerapkan Smart City Dumai di Riau. Karena itu, dia mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Telkom atas kerjasama yang telah terjalin.

"Semoga kedepannya Pemko Dumai dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," sebut Wako.

Dijelaskannya, penerapan Smart City bertujuan untuk memudahkan pelayanan seperti perizinan, pajak, elektronik pajak, smart penerangan jalan umum, smart goverment, infrastruktur, akses magosky untuk kelurahan/kecamatan, puskesmas, rumah sakit, pendidikan, dan e-pelaporan.

Sementara Regional Account Director Divisi Government Service PT Telekomunikasi Indonesia, Rosyidul Umam Aly mengatakan, bahwa Telkom adalah milik negara, dan Telkom berani membuat Smart City Nusantara karena Telkom mempunyai infrastruktur yang lengkap dibandingkan operator lainnya.

"Telkom menggunakann kabel fiber optic, kabel fisik yang diakui tercepat dan kita akui 25 tahun ke depan masih unggul. Jaringan kabel fiber optic yang dibangun Telkom mampu mengitari dua kali keliling bumi ini dan kabelnya antara lain ditanam di laut Dumai," ungkapnya.

Untuk pemerintah, Telkom bisa melayani pembuatan jaringannya untuk perkantoran seperti di kelurahan dan lain-lain. Ada juga untuk perpajakan, hotel, restoran yang mana aplikasinya bisa dibuat Telkom.

"Misalnya konsumenya, rumah makan atau restaurant, saat melakukan pembayaran, konsumen langsung terkomunikasi dengan kantor pajak di mana pun berada. Dan konsumen langsung terhitung sudah membayar pajak saat melakukan pembayaran di kasir," jelasnya. (rel)