Syamsuar: Semoga Pejabat Baru Berikan Enegi Baru

Selasa, 03 Januari 2017

Bupati Siak melantik pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Siak di Siak Sport Hall

SIAK (RA) - Bupati Siak Syamsuar, melantik sebanyak 736 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Auditor Daerah Kabupaten Siak. pelantikan tersebut dilaksanakan bertempat di Gedung Siak Sport Hall, Selasa (3/1).

Pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat Auditor Daerah Kabupaten Siak ini merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, yang kemudian ditindak lanjuti kedalam peraturan Bupati Siak No.8 Tahun 2016 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Siak.

Dimana Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Siak telah dilakukan beberapa penyusuaian. Struktur Organisasi dan nomentklatur jabatan, sehingga setiap Aparatur Sipil Negara yang jabatannya mengalami perubahan nama, fungsi, dan tugas jabatan, harus dilantik kembali sesuai ketentuan nomenklatur dengan jabatan yang baru.

Dalam arahannya, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan bermakna sebagai penyegaran bagi Aparatur Sipil Negara yang telah menjabat jabatan eselon tertentu.

Dimana berdasarkan evaluasi dan Pertimbangan baperjakat, serta berdasarkan hasil asesmen yang telah kita lakukan, dianggap perlu dilakukan penyegaran dalam struktur pemerintahan yang telah ada, demi peran tugas dan fungsi pelayanan publik prima yang kita harapkan.

"Selain itu, dalam penyesuaian jabatan yang kita lakuan dalam sistem organisasi perangkat daerah yang baru disahkan ini, telah disesuaikan sebagaimana aturan berlaku, salah satu ketentuan yang berlaku tersebut mengharuskan pemerintah daerah kabupten siak menyerahkan beberapa urusan dan wewenang baik kepada pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. sehingga konsekoensinya satuan kerja terkait tidak lagi berada dibawah koorrdinasi pemerintah kabupaten siak," terangnya.

Selain itu, bupati juga menjelaskan, sejumlah struktur organisasi pemerintahan juga disederhanakan organisasi perangkat daerah kabupaten siak telah dilakukan beberapa penyesuaian struktur organisasi dan nomenklatur jabatan.

 

Sehingga setiap aparatur sipil negara yang jabatannya mengalami perubahan nama, fungsi, konsekuensinya terjadi penambahan formasi pejabat pada satuan kerja yang bersangkutan. Dengan harapan akan semakin mengerucutkan fokus kerja pada prioritas tertentu khususnya yang terkait dengan prioritas pembangunan daerah serta urusan yang menyangkut hajat hidup rakyat banyak.

Bupati berharap, ASN yang diberi amanah ini dapat memberikan energi baru dalam pelaksanaan tugas dengan sebaik baiknya. Sehingga nantinya mampu melahirkan sejumlah terobosan berarti bagi birokrasi daerah.

"Tugas pembangunan daerah yang kita laksanakan saat ini sungguh tidak mudah, khususnya terkait keuangan daerah yang tengah kita alami. Saya yakin dengan ridho allah dibaerangi kerja keras dan kerja cerdas serta doa bagi seluruh masyarakat kab siak, insyaallah kita akan mampu keluar dari situasi sulit ini semua," pungkasnya.

Dalam acara pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Siak tersebut turut disaksikan oleh Wakil Bupati Siak Alfedri, Sekretaris Daerah Setda Kabupaten Siak T.Hamzah, Forkopimda Kabupaten Siak. (jas)