Wabub H Halim Hadiri Melayur Jalur di Paboun Hulu

Rabu, 28 Desember 2016

Wakil Bupati Kuansing H Halim bersama Sekda Kuansing saat melakukan penyulutan api pertama dalam acara Melayur Jalur Desa Paboun Hulu.

TELUK KUANTAN (RA) - Wakil Bupati Kuansing H Halim bersama Sekda Kuansing Drs. H. Muharman dan sejumlah kepala SKPD Kuansing, Rabu (21/12) di Desa Paboun Hulu Kecamatan Kuantan Mudik menghadiri acara pelayuran jalur.

Penyulutan api pertama dilakukan secara langsung oleh Wakil Bupati Kuansing H Halim disusul oleh Sekda Kuansing Muharman.

Sebelum penyulutan api pertama berlangsung, dilakukan terlebih dahulu acara resepsi pembukaan dengan berbagai kegiatan hiburan rakyat dan disusul acara penyandangan dana untuk keperluan pembuatan jalur.

Acara penggalangan dana tersebut dipimpin oleh Sekda Kuansing Drs. H. Muharman. Dari penggalangan dana tersebut berhasil dikumpulkan uang sebesar Rp 19,5 juta.

Wabup Kuansing H Halim dalam sambutannya mengatakan pacu jalur merupakan budaya dan ciri khas masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi yang gaungnya sudah berskala nasional.

"Oleh sebab itu marilah Kita bersama-sama membangun daerah Kita salah satunya dengan melestarikan budaya pacu jalur ini," kata Wabup.

Wabub juga mengharapkan kepada masyarakat Desa Paboun Hulu terutama bagi anak pacuan jalur Nagosati hendaknya dapat berprestasi seperti masa lalu.

"Jika jalur yang baru dilayur ini dapat mengukir prestasi seperti jalur terdahulu yaitu Nagosati yang lama, dengan kata lain mendapat juara saya akan kasih bonus," timpal wabup.

Kemudian Wabup mengingatkan kepada masyarakat Paboun Hulu agar uang yang terkumpul tersebut bisa digunakan sebaik-baiknya untuk kelancaran pembuatan jalur. (am)