Pemkab Siak Gelar Pemantapan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda

Selasa, 20 Desember 2016

Asisten Administrasi Umum Setda Kab Siak Drs H Jamaluddin MSi secara resmi membuka Kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda Kabupaten Siak

SIAK (RA) - Bupati Siak diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kab Siak Drs H Jamaluddin MSi secara resmi membuka Kegiatan Pemantapan Wawasan Kebangsaan Generasi Muda Kabupaten Siak yang diselenggarakan di Hotel Yasmin, Selasa (20/12/2016).

Dalam acara tersebut juga hadir Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS), Ikatan Pelajar Mahasiswa Tualang (IPMT), dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Siak (IPMKS). kegiatan tersebut bertujuan sebagai memperkokoh serta memperkuat harmonisasi kehidupan dalam bermasyarakat.

Dikatakan Asisten Administrasi Umum Drs H Jamaluddin MSi, masyarakat kabupaten Siak dikategorikan sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari keberagaman suku bangsa dan agama. Sebahagian besar di kabupaten Siak dihuni multi suku. Seperti suku Melayu, Jawa, Minang, Batak, Bugis, Sunda, Banjar, Tionghoa, dan lain sebagainya.

"Keberagaman masyarakat yang tinggal di daerah kabupaten Siak ,pantas kita syukuri sebagai nikmat Allah SWT, walaupun kita berbeda suku dan agama kita Masih bisa hidup secara harmonis, rukun dan damai," terangnya.

Dengan keberagaman ini, kata Jamaluddin, kita mampu menciptakan harmonisasi kehidupan masyarakat hingga saat ini yang bisa di jadikan sebagai modal dasar dalam menggerakkan roda pembangunan.

"Selain itu, pemerintah turut  menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan fasilitas pencapaian halaqoh dan berbagai forum keagamaan dalam upaya peningkatan wawasan kebangsaan (forum pemantapan wawasan kebangsaan generasi muda kabupaten Siak) sebagai salah satu upaya preventif kita untuk menghindari terjadinya disharmoni dan disintegrasi yang disebabkan oleh perbedaan dan kesalahan pengamalan nilai suku bangsa dan agama yang dianut," terang Jamaluddin.

"Saya menyadari bahwa mahasiswa sebagai generasi muda mempunyai pemikiran cemerlang yang tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan dan perkembangan daerah kita pada masa yang akan datang. Jadikan pertemuan ini sebagai wadah dan momentum bertukar pikiran ide ide dan pengalaman untuk di satukan dan disampaikan kepada pemerintah daerah sebagai salah satu artikulasi dan pertimbangan untuk pembangunan di daerah yang kita cintai ini," pungkasnya. (jas)