Walikota: Jalan Agus Salim Disterilkan Dari PKL

Walikota: Jalan Agus Salim Disterilkan Dari PKL
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru segera akan memfungsikan kembali Jalan Agus Salim menjadi jalur alternatif penghubung Jalan Sudirman dengan Jalan A Yani. Selama ini Jalan Agus Salim mati karena digunakan sebagai tempat berjualan oleh ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL).

Demikian hal itu dikatakan Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Jum'at (4/7/2014). Keseriusan ini ditandai dengan akan dihotmiknya Jalan Agus Salim tahun ini oleh Dinas Bina Marga serta direlokasinya para pedagang yang berjualan di badan jalan Agus Salim.

"Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah dengan melakukan pengaspalan di jalan tersebut," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus MT.

Pengaspalan yang akan dilakukan tidak serta merta memindahan pedagang yang berjualan di badan jalan secara total. Dia juga mengatakan pengaspalan ini juga langkah untuk memberi peringatan pada pedagang agar masuk ke kiosnya yang ada di bagian dalam.

"Pengaspalan tahun ini akan kita lakukan, pengaspalan juga lantaran kondisi jalan saat ini banyak yang sudah berlubang," sebutnya.

Lanjutnya, Pemko Pekanbaru akan menyiapkan tempat bagi pedagang di pasar induk yang dibangun di Jalan Arengka. Pemko Pekanbaru juga sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang melalui Dinas Pasar.

"Penataan ruas jalan ini harus segera dilakukan. Sudah sekitar 20 tahun fungsi jalan ini beralih. Ini yang akan kita kembalikan fungsinya," terangnya.

Tidak hanya dikembalikan pada fungsi awal, Firdaus juga berencana menjadikan Jalan Agus Salim sebagai kawasan wisata. "Kita ingin jalan itu akan menjadi kawasan wisata seperti Jalan Malioboro di Yogyakarta," imbuhnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index