Sumbangkan Bibit Pohon Sentul di Dumai Central Par

Pekanbaru Akan Kembangkan Bibit Pohon Buah Langka

Pekanbaru Akan Kembangkan Bibit Pohon Buah Langka
Penanaman pohon di Dumai. FOTO: ver

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Pertanian tahun ini akan berupaya mengembangkan dan menanam bibit pohon buah langka. Selain untuk melestarikan bibit buah, ini juga salah satu upaya mensukseskan program pemerintah tanam pohon 1 miliar.

Demikian hal ini dikatakan Kadis Pertanian Edwar, Kamis (22/5/2014) saat ditemui pada acara menanam pohon oleh seluruh Walikota se Indonesia pada acara Apeksi Dumai, yang turut dihadiri Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Dumai.

Ayat Cahyadi, usai menanam pohon sumbangan Pemerintah Kota Pekanbaru ke Pemkot Dumai di Bukit Gelanggang atau Dumai Central Park, menjelaskan salah satu pohon khas yang menjadi sumbangan bibit yakni bibit Pohon Sentul.

"Ini sejenis bibit buah rasanya agak asam manis nama latinnya sandorikum kecapi, bibit sentul kini sudah langka harus dibudidayakan agar ada regenerasi," terang Ayat.

Makanya, masih lanjut Ayat, Pemko melalui Distan akan mengembangkan pembibitan buah-buahan langka salah satunya sentul. Sementara untuk menyebarannya, pemko akan melakukannya melalui program Pemko Kamis menanam.

"Bibit buah pohon langka ini nanti akan kita sebar per kelurahan, kalau perlu perwilayah kelurahan memiliki jenis buah tertentu," tandasnya.

Dengan penanam bibit buah ini nantinya diharapkan akan ada penghasilan tambahan dan vitamin bagi masyarakat Pekanbaru.

"Apalagi sekarang orang cenderung mengkonsumsi herbal, yang didapat dari buah-buahan dan tanaman. Siapa tahu suatu saat hasil penelitian mendapatkan khasiat buah sentul," tambahnya.

Walikota Dumai Khairil Anwar, pada kegiatan penanaman pohonmengharapkan gerakan ini akan menambah perbendaharaan pohon di Riau, apalagi dari 98 Walikota yang hadir menyumbang minimal 1 bibit pohon yang berbeda dan langka. Maka lapangan Bukit Gelanggang atau Dumai Central Park ini kedepan akan jadi salah satu kawasan pelestarian bibit langka.

"Lokasi Bukit Gelanggang atau Dumai Central Park baru dibangun 2 tahun lalu, dulu kawasan ini lumpur dan gambut. Saya mengucapkan terimakasih kepada kepala daerah yang membawa bibit khas di daerah masing-masing biarlah ini menjadi kenangan bagi generasi kita selanjutnya," tutup Walikota Dumai, Khairil Anwar. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index