975 Ekor Sapi Dipersiapkan untuk Ramadhan

975 Ekor Sapi Dipersiapkan untuk Ramadhan
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kota Pekanbaru, Sentot D Prayitno menjelaskan, selama Bulan Suci Ramadhan, telah dipersiapkan 975 ekor Sapi. Hal itu sebagai bentuk persediaan kebutuhan daging bagi masyarakat Kota Pekanbaru sebulan ke depan.

"Untuk kebutuhan daging Insya Allah tak ada masalah, karena sampai sekarang stok daging masih cukup baik. Jika ada kenaikan harga di pasar, palingan hanya berkisar pada harga Rp80 ribu perkilo, karena harga kita di rumah potong Rp77 ribu perkilo, wajar mereka ambil untung Rp3 ribu," ungkap Sentot ketika ditemui di Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (19/7).

Meskipun saat ini harga daging di pasaran bervariasi, mulai dari Rp85 perkilo hingga Rp90 ribu, dijelaskan Sentot hal itu wajar, karena sistem pasar memberikan harga penawaran lebih tinggi dari harga sebenarnya.

"Kalau ada yang jual Rp85 ribu atau diatasnya perkilo, tawar saja, karena harga hanya Rp80 ribu, itu standarnya. Kita minta kepada pedagang, jangan menaikkan harga seenaknya saja, jika ada harga yang tak wajar, silahkan lapor ke kita," kata Sentot.

Ditambahkannya, untuk hari Kamis (19/7) saja, pihaknya telah memotong 105 ekor untuk kebutuhan masyarakat menyambut bulan puasa. Karena, memasuki bulan Ramadhan, masyarakat tentunya akan memerlukan banyak daging dibanding ketika telah masuk Ramadhan. Karena menurut pengalaman yang sudah-sudah, kebutuhan daging masyarakat itu tinggi pada saat Ramadhan dan menyambut ramadhan.

"Tadi kita potong untuk kebutuhan memasuki Ramadhan ini kurang lebih dagingnya 25 Ton. Mudah-mudahan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat yang ingin memasak daging memasuki bulan puasa ini," paparnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index