Tabung Racun Api di Kantor Walikota Pekanbaru Masih Kurang Tepat

Tabung Racun Api di Kantor Walikota Pekanbaru Masih Kurang Tepat
Ilustrasi. FOTO: rrm

PEKANBARU, RiauAktual.com - Layaknya kantor pemerintah haruslah menjadi contoh dalam keselamatan kerja. Tetapi tidak bagi Kantor Walikota Pekanbaru yang berlantai 3 di Jalan Sudirman, Pekanbaru. Pasalnya kantor yang dihuni beberapa bagian dari Sekretariat Kota ini masih kekurangan 53 tabung racun api di semua ruangannya dari 80 unit racun api yang harus disediakan sesuai aturan.

Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Pemadaman Kebakaran Demisionar Kota Pekanbaru, Andry Sukarmen, melalui kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Adlan Jori, Rabu (12/2/2014) menerangkan, sesuai aturan bahwa jarak jangkau ditempatkannya sebuah racun api 100 meter persegi.

"Memang saat ini racun api yang dimiliki Kantor Walikota Pekanbaru belum semua terpasang, yang sudah baru 21 unit. Sisanya masih akan dianggarkan tahun 2014," ujar Adlan.

Diakuinya, lambat pengadaan racun api ini karena terkendala anggaran. Untuk itu selain pengadaan tabung baru Damkar juga masih akan menggunakan tabung lama milik Pemko. Namun, kini tabung lama milik Pemko yang selama puluhan tahun dipasang harus mendapatkan service full karena sudah tidak layak pakai lagi.

"Sebahagian kita masih akan gunakan tabung racun api yang lama, kini sedang diservice. Sebagian akan kita adakan pada tahun 2014 ini. Jumlahnya sesuai kebutuhan ruangan di Sekretariat Walikota ini ada 53 unit lagi," terangnya.

Ia juga menjelaskan, penempatan racun api yang selama ini dilakukan oleh perkantoran baik swasta maupun pemerintah sering menyalahi. Karena diletakkan terlalu tinggi dari jangkauan. Sementara standar ketinggian yang benar adalah antara 70 cm hingga 100 cm dari permukaan lantai.

"Memang kita melihat bekas kotak penempatan racun api yang dipajang di Kantor Walikota kini masih ketinggian melebihi aturan. Ini nantinya akan kita ubah tidak lagi setinggi itu, cuma kini menunggu tabungnya lengkap baru dipasang kembali," tambahnya.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, benar adanya kotak pelindung kedudukan racun api di semua ruangan Kantor Walikota kini dalam kedaan kosong. Selain juga posisinya yang terlalu tinggi rata-rata di atas kepala orang dewasa yang sulit dijangkau jika ada insden. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index