Ketua RW Tak Maksimal Bagikan e-KTP

58.498 Keping e-KTP Tersalur, 264.873 Masih di UPTD

58.498 Keping e-KTP Tersalur, 264.873 Masih di UPTD
Sekretaris Disdukcapil, Hermanto Yasin.

PEKANBARU (RA) - Hingga Kamis (12/7) pembagian kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) baru 58.498, sementara 264.873 keping lagi masih teronggok utuh dalam kardus di setiap UPTD kecamatan dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil). Lambannya pembagian e-KTP tersebut sehingga menyebabkan penumpukan di UPTD dan Kantor Disdukcapil, dikarenakan Ketua RW yang kurang maksimal dalam mengumumkan kepada Ketua RT di setiap kelurahan terkait nama-nama pemilik eKTP yang telah selesai dicetak.

"Kemarin kita telah undang kepala RW dan RT, kita kembali mengingatkan agar data nama warga yang telah selesai e-KTPnya segera diberi tahu. Selama ini kan memang kita terima laporan warga kalau mereka tak pernah diberi tahu kalau e-KTPnya sudah selesai. Mungkin karena warganya tak tahu, atau juga mungkin karena Pak RW terlalu sibuk, sehingga lupa menyampaikan kepada masyarakat bersama RT tentang nama-nama pemilik e-KTP yang telah siap dicetak," ungkap Sekretaris Disdukcapil, Hermanto Yasin ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (12/7).

Dari data yang ditunjukan Hermanto, diketahui bahwa hingga saat ini Kecamatan yang paling sedikit melakukan pembagian e-KTP yang telah selesai dicetak kepada pemiliknya adalah Kecamatan Tampan yang hasnya membagikan 1.867 keping e-KTP, padahal di UPTD masih ada 38.977 keping e-KTP yang siap untuk dibagikan.

"Sedangkan kecamatan yang terbanyak melakukan pembagian e-KTP yang telah selesai dicetak itu Kecamatan Sukajadi, hingga hari ini telah dibagikan sebanyak 9.453 keping e-KTP dan hanya tersisa 11.891 e-KTP lagi di UPTD," terang Hermanto.

Kepala UPTD Kecamatan Sukajadi, Khairul Anhar mengatakan, setiap hari pihaknya dapat membagikan 400 hingga 600 keping e-KTP yang siap cetak kepada masyarakat pemilik. Akan tetapi, dengan pengaruh cuaca saat ini, minat masyarakat menjemput e-KTP ke UPTD menjadi menurun.

"Kendala berarti memang tak ada ya, karena kita telah melakukan koordinasi dengan pihak RT dan RW untuk mengabarkan kepada masyarakat yang telah ada e-KTPnya sama kita untuk segera diambil. Tapi karena pengaruh cuaca saja memang, minat masyarakat menjadi agak menurun, seperti kemarin saja itu hanya 351 orang yang mengambil e-KTP. Target kita menjelang Ramadhan ini terbagi 70 persen e-KTP yang ada," jelasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index