Walikota Pekanbaru Resmikan 100 Gedung Sekolah Baru

Walikota Pekanbaru Resmikan 100 Gedung Sekolah Baru
Walikota Pekanbaru Resmikan 100 Gedung Sekolah Baru. FOTO: ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Sabtu (18/1/2013) kemarin secara simbolis meresmikan 100 unit gedung baru sekolah yang dibangun Pemko Pekanbaru melalui Dinas Pendidikan Pekanbaru dalam tahun anggaran 2012/2013.

Acara peresmian yang dipusatkan di SDN 96 Kecamatan Payung Sekaki, juga tampak hadir seluruh pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru, pejabat di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Fadri, Camat dan Lurah Payung Sekaki serta seluruh kepala sekolah, mulai tingkat SD, SMP, SMA dan SMK Negeri dan swasta yang gedung sekolahnya telah dibangun.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru Zulfadil dalam laporannya menjelaskan, gedung baru sekolah yang diresmikan berjumlah 100 unit gedung yang terdiri dari Unit Sekolah Baru (USB) sebanyak 9 unit, dengan rincian gedung SD 4 UNIT, SMP 4 UNIT dan SMA 1 UNIT.

Sementara pekerjaan pembangunan revitalisasi sebanyak 17 sekolah, terdiri dari 12 unit gedung SD dan 5 unit gedung SMP. Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) berjumlah 30 unit. Selanjutnya, untuk pekerjaan rahabilitasi berat dan ringan telah dilaksanakan terhadap 51 unit sekolah.

Sebanyak 3 sekolah Negeri dan Swasta mendapatkan Pembangunan Laboratorium IPA, 3 SMK Swasta mendapatkan pembangunan 3 unit perpustakaan dan ruang praktek siswa untuk 4 SMK swasta.

"Anggaran untuk seluruh proyek tersebut berjumlah Rp 83.886.910.500, dengan rincian 77 persen atau Rp 64.239.346.500 bersumber dari APBD Pekanbaru, sedangkan sisanya 23 persen atau Rp 19.647568.000 bersumber dari APBN," terang Zulfadil.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT dalam arahannya, mengatakan Visi Kota Pekanbaru telah dirumuskan dalam bahasa sederhana, yakni terwujudnya Pekanbaru sebagai kota metropolitan yang madani.

Pilar utama mewujudkan visi tersebut adalah Dinas Pendidikan beserta semua sekolah dan semua satuan Pendidikan di Kota Pekanbaru. Pendidikan menjadi sektor penting dan utama. Pembangunan bangunan sekolah beserta sarana dan prasarana pendidikan lainnya menjadi penting agar dalam proses belajar mengajar, tenaga pendidik, peserta didik, serta tenaga kependidikan merasa nyaman, aman dan betah, yang muaranya adalah kualitas lulusan dan generasi muda Kota Pekanbaru.

"Kami dengan rasa syukur dan bangga mempersembahkan 100 Gedung Baru Sekolah yang telah kita bangun selama kurun waktu 2 tahun (2012-2013) bagi tenaga pendidik, peserta didik, masyarakat luas, terutama generasi muda Kota Pekanbaru harapan kita semua. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya, kerja keras dan mengabulkan doa doa kita," harap Firdaus. (ade)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index