Diskes dan BPT Diminta Sidak Izin Air Isi Ulang di Pekanbaru

Diskes dan BPT Diminta Sidak Izin Air Isi Ulang di Pekanbaru
Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. FOTO: int

PEKANBARU, RiauAktual.com - Walikota Pekanbaru H Firdaus MT memerintahkan Dinas Kesehatan (Diskes) dan Badan Pelayanan Terpadu (BPT) Pekanbaru untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepada semua usaha air minum isi ulang yang ada di Pekanbaru.

"Menjamurnya usaha air minum isi ulang di Pekanbaru, belakangan ini perlu disikapi jeli oleh kedua instansi ini, karena berkaitan kepada kualitas air yang dijual dan dampaknya bagi kesehatan masyarakat," demikian diungkapkan Firdaus, Minggu (15/12/2013).

Menurut Firdaus MT, ia tidak ingin kejadian temuan air minum isi ulang di Pulau Jawa yang mengandung unsur solar terjadi di Pekanbaru. Apalagi ini sangat dimungkinkan karena kondisi air di Pekanbaru yang bercampur gambut dikhawatirkan tidak layak untuk dikonsumsi langsung meski sudah diolah.

"Saya minta tolong BPT berkoordinasi dengan Diskes untuk melakukan pendataan terhadap tempat usaha air minum, bagi yang belum memiliki izin sesuai aturan tolong dihimbau untuk mengurus izin," ujar Firdaus MT.

Ia mengakui, ini perlu segera dilakukan sebelum ada korban yang jatuh akibat mengkonsumsi air minum isi ulang. Bahkan Firdaus MT mengingatkan SKPD terkait agar tegas di lapangan jika menemukan tempat usaha yang bandel agar ditutup saja.

"Kalau tiga kali diperingatkan tidak diindahkan juga kita minta tempat usaha ditutup saja. Karena kita ketahui memang ini tidak bisa main-main sebab mutu air kita juga tidak baik, sehingga kalau tidak diolah sesuai dengan aturan kesehatannya akan berbahaya," terangnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index