Kota Pekanbaru Terus Berbenah untuk Rebut Adipura 2013

Kota Pekanbaru Terus Berbenah untuk Rebut Adipura 2013
Walikota Pekanbaru Firdaus MT. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Untuk kembali merebut piala Adipura tahun 2013, Pemerintah Kota (pemko)  Pekanbaru kembali berbenah. Bahkan Pemko sengaja mengundang Tim Kementrian Lingkungan Hidup untuk melakukan presentase kriteria penilaian Adipura tahun 2013.

"Pasalnya, kriteria penilaian adipura tahun 2013  konsepnya berubah dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Rabu (30/10/2013) di Aula Kantor Walikota usai acara pembinaan Kota Pekanbaru menuju Kota Berkelanjutan.

Walikota mengakui untuk penilaian Adipura ada dua yang dinilai fisik maupun non fisik. Untuk fisik Kota Pekanbaru sudah membaik walaupun masih butuh perbaikan. Karena tiap tahun terutama Tempat Pembuangan Akhir (TPA) mengalami perubahan kriteria penilaian.

"Misalkan untuk TPA kriteria penilaian tidak boleh lagi memakai sistem open dumping. akan tetapi harus memakai sistem sanitari renfil seperti yang kini sudah diterapkan TPA kita. Ini masih akan kita perbaiki lagi," ujar Wako.

Perbaikan lainnya yang tidak kalah penting dilakukan, lanjut Wako, adalah beberapa tempat di Pasar, pertokoan, perumahan harus mendapat perhatian. Perbaikan akan dilakukan disana sini,  meski demikian Adipura bukanlah target utama, karena itu hanya reward.  akan tetapi merubah pola hidup masyarakat menjadi bersih dan sehat adalah yang utama.

"Adipura ini reward bagi masyarakat yang menjaga lingkungan. Jadi kita berharap kebersihan itu bukan hanya sekedar selogan akan tetapi merupakan gerakan," harap Wako.

Sudirman, Deputi Bidang Limbah B3 dan Sampah  Kementerian Lingkungan Hidup, saat pemaparan di Kantor Walikota mengatakan saat ini penilaian Adipura tahun 2013 sudah memasuki tahap Penilaian pertama (P1) dari tiga tahap penilaian yang akan digelar.

Katanya, saat ini kondisi Kota Pekanbaru sudah baik dimana kebersihannnya sudah bagus. Hanya yang kurang kecantikan tamannya. Makanya untuk mewujudkan itu semua stagholder harus bekerjasama. Seperti Dinas PU, Dinas Pasar, Tata Ruang, BLH, Sekolah dan sebagainya.

"Jadilah Kota Pekanbaru yang bersih dan cantik. Saya harapkan Pekanbaru mempelopori salah satu kota di Sumatera yang mampu meraih Adipura Kencana," tandasnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index