Walikota Pekanbaru Instruksikan Camat Pantau Alih Fungsi Rumah Kos

Walikota Pekanbaru Instruksikan Camat Pantau Alih Fungsi Rumah Kos
Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. FOTO: riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Maraknya alih fungsi rumah kos-kosan dan kontrakan di Kota Pekanbaru menjadi tempat mesum membuat  Walikota Pekanbaru H Firdaus MT geram.

Bahkan Wako mengatakan ini tugas RT/RW hingga Lurah dan Camat untuk memantau, karena merekalah yang berhubungan langsung dengan masyarakatnya sehingga jarum patah pun mereka harus tahu.

"Saya belum dapat laporan dari MUI terkait penyalahgunaan kos-kosan. Kalau memang ada kita bersama tokoh agama dan masyarakat akan melakukan pengecekan ke lapangan," ujar Wako, Senin (28/10/2013).

Menurut Wako lagi, benar adanya untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang Madani harus dimulai dari lingkungan masyarakat. Termasuk keamanan dan kenyamanan lingkungan.

"Memang kita saat ini belum memiliki peraturan yang mengatur kos-kosan, makanya RT/RW harus melakukan pengawasan terhadap setiap perubahan dan penyalahgunaan izin kos-kosan," ujar Firdaus MT.

Selain itu, lanjut Wako, Pemko Pekanbaru juga akan menggelar rapat koordinasi dengan para Lurah dan Camat guna melakukan evaluasi terhadap tempat kos dan kontrakan.

"Jika di lapangan terdapat kontrakan yang kamarnya melebihi 5 kamar, maka kita akan minta Camat melakukan pengecekan peruntukan kamar-kamar tersebut," tandasnya.

Selain itu ia juga meminta agar sistem kemanan lingkungan (siskamling) di  setiap Kelurahan kembali dikatifkan. Dengan demikian bisa dipantau setiap perubahan warga yang datang ke satu wilayah.

" RT juga diminta aktif memantau warganya, kalau ada warga yang baru diharapkan melaporkan diri dalam kurun waktu 1x24 jam," tutupnya. (ver)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index