Tradisi Petang Megang Di Gelar Selasa

Tradisi Petang Megang Di Gelar Selasa
Petang Megang

PEKANBARU (RA)- Tradisi tahunan di Pekanbaru dalam menyambut bulan Suci Ramadhan Petang Megang atau petang balimau akan di selenggarakan pada hari Selasa (9/7/2013) di Tepian sungai siak Jalan Kota Baru. Di perkirakan Walikota beserta Wakil walikota Pekanbaru akan turut hadir di perhelatan tahunan tersebut.

Kepala Hubungan masyarakat (Humas) Humas Pemko Pekanbaru Azharisman Rozi, ketika di konfirmasi Riauaktual.com menyebutkan jika Prosesi acara petang megang akan diawali dengan berziarah ke kompleks pemakaman Senapelan.

"Mulanya menziarahi makam tokoh masyarakat yang telah berjasa dalam bidang dan profesinya masing-masing untuk Kota Pekanbaru. Dimulai dari makam tokoh pendidikan, agama dan budayawan serta pemerintahan dan terakhir ziarah ke makam pendiri kota Pekanbaru di kompleks Mesjid Raya Pekanbaru. Setelah azar walikota bersama muspida dan seluruh masyarakat akan pawai arak_arakan menuju lokasi petang megang di tepian sungai Siak melalui jalan kota baru," jelasnya

Sementara itu Ketua Panitia Petang Megang Dastrayani Bibra menyebutkan awal mula rute di mulai dari Mesjid Raya, terus ke jalan Kota Baru, sampai ke jalan Merbau menuju ke jalan Perdagangan pinggir sungai siak persis di bawah jembatan siak I.

"Dalam acara petang megang tersebut akan di gelar acara penyiraman air limau kepada anak yatim tanda dimulainya balimau, juga akan di gelar lomba menangkap itik yang di lepas di sungai siak. Lima ratusan itik dilepas dan di berikan sebagai hadiah bagi masyarakat," terangnya.

Di acara petang megang nantinya juga akan di gelar pasar murah sembako. Ada 1000 paket sembako murah yang akan dibagi sore itu. Harganya di subsidi oleh pemko Pekanbaru. "Jadi yang tadinya harga sembako Rp 160 ribu menjadi Rp 127 ribu. Isinya ada beras, gula, minyak goreng, susu kaleng dan sarden," rincinya.

Dastrayani Bibra menghimbau kepada masyarakat Pekanbaru untuk datang beramai-ramai memeriahkan acara ini.

Laporan: Va

Editor: Doni Dwi Putra

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index