Pemko Pekanbaru Akan Serahkan Angkutan Sampah ke Swasta

Pemko Pekanbaru Akan Serahkan Angkutan Sampah ke Swasta
Walikota Pekanbaru H Firdaus MT. FOTO: Riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk tahun 2014 akan mengubah sistem pengangkutan sampah di Pekanbaru, dengan menyerahkannya kepada pihak ketiga atau swasta.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Selasa (21/5/2013) menjelaskan, upaya angkutan sampah yang dilakukan selama ini tidak maksimal. Meski sudah dilakukan penambahan anggaran namun sampah masih saja bermalam di Tempat Penampungan Sementara (TPS).

"Kemungkinan tahun depan pengangkutan sampah mulai dari tingkat rumah tangga hingga mobilisasi ke Tempat Penampungan Akhir akan diserahkan ke pihak ketiga atau swasta," ujar Firdaus MT.

Selama ini, pengelolaan sampah oleh Lurah, Camat, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), sebahagian Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Pasar (Dispas) dinilai belum maksimal dan sepenuhnya belum berhasil. Karena selalu terkendala alat angkut yang terbatas.

"Meski kita sudah menambah alat 24 unit ini belum cukup, sampah masih bermalam, alat ini hanya mampu mengurangi lamanya sampah bermalam dari dua malam menjadi semalam," tandasnya.

Menurut Firdaus, jika selama ini angkutan yang bekerja dinas terkait, maka kedepan setelah angkutan ini ditenderkan, Pemerintah Kota tidak akan lagi mengalami masalah angkutan dan armada.

"Camat mengawasi di lingkungan, DKP mengawasi di seputaran kota, Dispas mengawasi pasar. Dan sistem anggaran juga akan berubah dari anggaran ke dinas-dinas kini di sistem lelang," tandasnya.

Laporan: VR
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index