Pemko Pekanbaru Segera Siapkan Draf MoU I Investasi Sampah

Pemko Pekanbaru Segera Siapkan Draf MoU I Investasi Sampah
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

PEKANBARU (RA)- Ketertarikan investor China PT. Selection Waste Technology (SWT) terhadap pengelolaan sampah di Pekanbaru di tanggapi serius oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

Usai mendengarkan presentasi pra study kelayakan oleh PT.SWT, Rabu (06/02) di kantor Walikota, Wakil  Walikota Pekanbaru mengakui akan mennidak lanjuti pertemuan tersebut dengan mempersiapkan draf MoU.

"Pra study kelayakan hasilnya sudah di presentasekan tadi, tindak lanjutnya nanti akan ada MoU antara Pemko dan PT.SWT. Kita sudah perintahkan bagian hukum untuk menyusunnya," ujar Ayat Cahyadi.

Menurut Ayat, Pemko nanti juga akan membentuk tim untuk melakukan study kelayakan. Setelah hasilnya di dapat maka proses lelang akan di lakukan secara terbuka.

"Proyek ini akan di tenderkan dan seluruh perusahaan di Riau yang berminat bisa ikut," urainya.

Ayat menambahkan proyek pengelolaan sampah ini nanti akan menghasilkan energi listrik yang dapat di jual ke PLN. Dalam produksinya Mesin mengubah energi ini membutuhkan pasokan sampah sebagai bahan baku sebanyak 500 ton perhari.

Dari sampah 500 ton ini akan di dapat listrik sebanyak 240 ribu kilowhatt. Dan 10.000 batu bata atau paving block dari limbah bakarannya.

"Pasokan sampah sebesar 500 ton perhari harus terpenuhi kalau tidak bisnis ini akan merugi. Berdasarkan laporan DKP sampah yang masuk ke Muara Fajar mencapai 300 ton perhari, belum lagi yang ada di TPS di perkirakan bahan baku mencukupi," tandasnya.

Laporan: VA

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index