Warga Pekanbaru Antusias Nonton Film G30 S PKI

Warga Pekanbaru Antusias Nonton Film G30 S PKI
Ratusan warga tampak tenang saat menonton bersama film 30S PKI di wilayah Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Kamis (21/9) malam. Foto ig.

Riauaktual.com - Ratusan warga memadati di Jalan Mangga, Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru untuk nonton bareng (nobar) pemutaran film G30 S PKI (Partai Komunis Indonesia), Kamis (21/9) malam.

Dari pantauan di lapangan, ada sekitar 200 orang warga yang ikut menonton di wilayah RT 01 RW 02 itu.

Pemutaran film 30S PKI tersebut persis diadakan di pinggir jalan tepatnya didepan ruko warga menggunakan infocus. Warga pun cukup antusias menonton film sejarah kelam tersebut.

Panitia pemutaran film 30S PKI ini adalah TNI AD Koramil 06/Sukajadi dibawah Kodim 0301/Pekanbaru. TNI AD kerjasama dengan tokoh masyarakat setempat dan juga Pemuda Pancasila (PP).

Danramil 06/Sukajadi, Kapten Kav Agus Syam mengatakan, pemutaran film 30S PKI berdasarkan perintah Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Sehingga film bersejarah di Indonesia itu dapat disaksikan oleh masyarakat luas, agar tidak melupakan sejarah.

"Pemutaran film 30S PKI ini juga perintah dari pak Dandim 0301/Pekanbaru (Letkol Inf Tunjung Setiabudi)," jelas Agus usai nobar tersebut.

Dia mengatakan, film ini sengaja diputar agar masyarakat dapat mengenang kembali sejarah hitam yang pernah terjadi di negera Indonesia.

Karena saat ini banyak terjadi simpang siur terkait film 30S PKI. Ada yang bilang rekayasa dan sebagainya.

"Oleh karena itu, kita ingin pastikan bahwa film ini betul-betul terjadi. Mengkoyak-koyak bangsa ini, pertama banyak pembunuhan-pembunuhan terhadap ulama dan penjuang kita dulu.
Seharusnya itu tidak boleh terjadi (gerakan 30S PKI). Makanya kita putar kembali dan menggugah hati masyarakat," ungkap Agus.

Dia melihat dengan pemutaran film 30S PKI ini, masyarakat cukup antusias untuk menyaksikannya. Bahkan tak terbayangkan olehnya masyarakat seramai itu untuk menonton.

Agus dan jajaran TNI berharap, dengan pemutaran film 30S PKI ini, masyarakat lebih waspada, terlebih lagi bagi generasi muda terhadap paham komunisme.

"Intinya biar masyarakat tidak salah kaprah atau tidak salah informasi dengan sejarah yang terjadi. Kita yakinkan lagi kalau sejarah itu memang benar terjadi," sambungnya.

Di samping itu, Agus mengaku untuk mengajak warga menonton film ini melalui sosialisasi Babinsa, Polsek, Camat, Lurah, ketua RT dan RW. Kemudian diumumkan melalui masjid-masjid.

Sehingga masyarakat diajak untuk ikut nobar dengan tujuan agar warga tidak melupakan sejarah dan jangan sampai terlupakan.

"Kalau dilupakan dapat mengakibatkan kurangnya cinta terhadap negara dan bangsa Indonesia ini," ujar Agus lagi.

Dia pun mengaku pemutaran film ini baru pertama kalinya di jajaran Koramil 06/Sukajadi sejak tahun 1998 silam. Dan pemutaran film tersebut setelah ada perintah dari Panglima TNI.

Agus menambahkan, pemutaran film 30S PKI masih berlanjut sampai tanggal 30 September tahun ini.

Jajaran TNI akan melakukan pemutaran film tersebut ke desa-desa dan ke pelosok. Sehingga semua masyarakat akan menonton kembali film sejarah tersebut.

Sedangkan untuk jadwal nobar film G30 S di wilayah Kecamatan Sukajadi, sudah dibagi pertim.

"Untuk acara puncak nobar film 30S PKI akan diadakan di Kodim 0301/Pekanbaru pada tanggal 30 September malamnya. Sebelum itu, kita adakan di wilayah jajaran Koramil," tambah Agus.

Sementara itu, ketua RW 02, Kadir menanggapi pemutaran film 30S PKI suatu kegiatan yang positif.

"Ya bagi warga ini positif. Dengan adanya pemutaran kembali film ini kita harap kedepannya masyarakat lebih bersatu dan waspada terhadap perusak bangsa kita," tambah Kadir.

Kemudian salah satu warga, Taufik (24) mengaku dengan nobar tersebut dapat mengingatkan kembali sejarah 30S PKI.

"Ya, saya bisa lihat lagi film ini, bang. Saya sudah lama tidak menonton. Setidaknya mengingatkan saya betapa pentingnya mengenang sejarah negara. kita. Kami pun berterima kasih kepada pihak Koramil Sukajadi yang mengadakan nobar ini," jawab Taufik. (ig)

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index