Bukan Nasi Goreng, Kuliner RI Ini Sedang Hit di Myanmar

Bukan Nasi Goreng, Kuliner RI Ini Sedang Hit di Myanmar
Foto : kuliner RI di Myanmar (Zahrotustianah/VIVA.co.id)

Riauaktual.com - Ketika mantan Presiden AS Barack Obama, artis Hollywood, juga artis Korea ditanya makanan Indonesia yang paling disukai, rata-rata menjawab nasi goreng. Tapi tahukah jika di Myanmar, bukan nasi goreng makanan Indonesia yang jadi primadona?

Tak banyak memang kuliner Indonesia yang tersedia di Myanmar. Namun Sekretaris Dua Kedutaan Besar Republik Indonesia di Myanmar, Yasfitha Febriany Murthias, mengatakan, sejak beberapa waktu ke belakang, warga Myanmar lebih mengenal makanan ini.

"Akhir-akhir ini pada tahu ayam penyet. Ada restorannya, franchise, yang punya di sini orang Indonesia. At least orang-orang mulai banyak yang tahu ayam penyet karena ada di sini," ujar wanita yang akrab disapa Bu Ita itu, sebagaimana dilansir dari VIVA.co.id di Kantor KBRI, hari ini.

Selain ayam penyet, orang Myanmar juga akrab dengan batik. Menurut mereka, batik Indonesia bagus dan lebih colorfull. Motifnya yang beragam jadi daya tarik yang lebih kuat.

"Motifnya beragam, ada flora, fauna, dan abstrak. Mungkin di kita parang kali ya maksudnya. Jadi mereka suka," lanjut Bu Ita.

Di sektor pariwisata, orang Myanmar lebih suka mengunjungi Borobudur, Bali, dan destinasi mainstream wisman lainnya. Indonesia Tourism Table Top pun digelar di Yangon, Myanmar dengan tujuan bisa mempertemukan para agen wisata kedua negara dan berharap ada kerja sama yang tercipta.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index