Umat Islam di Cina berpuasa hingga 16 jam

Umat Islam di Cina berpuasa hingga 16 jam
Umat Islam di Cina.

Riauaktual.com -  Umat Islam di Cina menyambut datangnya bulan Ramadhan meski harus berpuasa dengan durasi rata-rata 16 jam sehari.

Durasi waktu tersebut karena Ramadhan tahun ini jatuh pada musim panas yang biasannya di belahan utara bumi siang harinya lebih lama dibandingkan malam.

Sejak sepekan lalu, pengurus masjid di Beijing membagi-bagikan jadwal imsakiyah secara cuma-cuma.

Untuk hari pertama Ramadhan yang jatuh pada Sabtu (27/05/2017), waktu imsak di Beijing, pukul 03.15 waktu setempat (02.15 WIB), sedangkan waktu berbuka pukul 19.33 (18.33 WIB).

Jadwal puasa tersebut akan terus maju hingga 25 Juni 2017 sesuai perputaran hilal.

Berdasarkan data Asosiasi Muslim Republik Rakyat Cina 2017, jumlah umat Islam di negara dengan luas mencapai 10,99 juta kilometer persegi atau hampir sepuluh kali lipat luas wilayah Indonesia itu sekitar 23 juta jiwa.

Sepekan menjelang bulan puasa, di Urumqi, ibu kota Provinsi Xinjiang, yang mayoritas penduduknya umat Islam digelar pameran kuliner pada 18-22 Mei 2017.

Sekitar 1.500 orang memadati "International Convention Center" Urumqi tempat digelarnya pameran makanan dari 44 negara, di antaranya Rusia, Jerman, Inggris, Thailand, dan Kazakhstan.

Tidak ketinggalan warga setempat juga memajang roti unik khas komunitas Muslim Uighur, demikian laporan portal berita chinaxinjiang.cn.

Sementara itu, Kedutaan Besar RI di Beijing menggelar acara buka puasa bersama pada Sabtu petang.

Selain hari pertama dan terakhir Ramadhan, buka puasa di KBRI juga digelar setiap Jumat.

Kegiatan buka puasa bersama tersebut diikuti sejumlah warga negara Indonesia di ibu kota Cina itu, baik yang bekerja maupun melanjutkan studinya.  



Sumber : Antara

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index