Dishub Pekanbaru Sebut Trayek Angkot Bakal Ditata Ulang

Dishub Pekanbaru Sebut Trayek Angkot Bakal Ditata Ulang
angkot tua

Riauaktual.com - Dari 1800 unit Angkutan Kota (Angkot) yang ada di Pekanbaru, saat ini hanya sekitar 700 unit yang masih beroperasi.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Umum Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbatu, Sunarko menegaskan bahwa dari 700-an angkot yang beroperasi tersebut, tidak ada yang dinilai layak jalan.
    
"Kondisinya tidak ada yang layak. Perlu dilakukan perbaikan dan perbaharuan lagi. Ini semata-mata untuk menarik warga menggunakan angkutan umum," ujarnya.
    
Sunarko menambahkan, angkutan umum di Kota Pekanbaru, khususnya angkot atau oplet yang selama ini masih beroperasi di ruas jalan protokol di Pekanbaru akan segera dialihkan trayeknya. Pengalihan dilakukan karena di ruas Jalan Protokol sudah dilayani oleh armada Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).
    
"Nanti akan diatur ulang kembali trayek Oplet itu. Kami cocokkan kembali mana saja jalur-jalur yang butuh tambahan trayek angkutan umum. Tujuanya agar semua ruas jalan terlayani oleng angkutan umum, dan semua bisa terintegrasi," kata  Sunarko.
    
Menurut Sunarko, untuk wujudkan pengalihan tersebut, saat ini pihaknya sedang mendata ulang dan memperbaiki manajemen angkot yang sudah harus memiliki badan hukum perseroan terbatas (PT). Selanjutnya, Dishub akan melaksanakan kajian studi kelayakan untuk menentukan perubahan trayek bagi seluruh angkot di Pekanbaru.
    
"Kami juga akan cek kelayakan jalan angkotnya. Seperti mesin atau bodi mobil yang sudah keropos. Semua akan kita perbaharui," tutupnya. (yan)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index