UNBK di Sekolah Swasta Dilaksanakan Secara Mandiri

UNBK di Sekolah Swasta Dilaksanakan Secara Mandiri
ilustrasi

Riauaktual.com - Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru meminta sekolah swasta SMP sederajat yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) agar menyiapkan lokasi yang telah dilengkapi kelengkapan memadai untuk UNBK.

"Karena untuk sekolah swasta, kita tidak memiliki anggran khusus untuk menyiapkan UNBK ini," Kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, kemarin.

Jamal menjelaskan, untuk UNBK ini pemerintah memang menyediakan anggaran, tapi itu hanya bagi SMP Negeri, sementara untuk swasta belum mendapatkan anggaran.

"Anggaran dari pusat itu hanya untuk SMP Negeri sederat saja. Sedangkan bagi sekolah swasta tidak ada. Jadi, mereka yang harus mengajukan sendiri sekolah mana yang mau dipakai untuk pelaksaaan UNBK,"jelasnya.

Meskipun begitu, Jamal menyebutkan untuk SMP swasta yang ada di Pekanbaru, rata-rata yayasannya telah memiliki SMA yang layak untuk pelaksanaan UNBK. Sehingga kesulitan pencarian lokasi dirasa sangat tidak mungkin terjadi.

"Ada beberapa yayasan kan sudah punya SMA. Nanti mereka pakai itu untuk pelaksanaan UN nya. Kalau yang belum ada, dicari dulu dan anggaran untuk penyewaannya akan ditanggung sekolah itu sendiri,"tutupnya.

Sebagaimana diketahui, pada Mei 2017 mendatang seluruh SMP secara serentak akan melaksanakan UN berbasis komputer. Sebagai mana intruksi dari pusat, masing-masing daerah diminta untuk mempersiapkan 30 persen dari sekolah yang ada sebagai lokasi pelaksanaan UNBK tersebut. (dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index