Urus Surat Tanah Bisa Dilakukan di Pinggir Jalan

Urus Surat Tanah Bisa Dilakukan di Pinggir Jalan
illustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Untuk kemudahan pengurusan Surat tanah di Kota Pekanbaru, Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggelar Pelayanan Rakyat Sertifikasi Tanah (Larasita) dengan mobil keliling.

Dibukanya layanan ini dikarenakan Kota Pekanbaru masih banyak tanah yang belum bersertifikat. Ini dikarenakan masih banyak warga yang enggan mengurusnya ke BPN. "Sadar akan kondisi itu, BPN pun berusaha jemput bola. Mobil keliling Larasita diluncurkan untuk memudahkan pengurusan sertifikat tanah," ujar Kepala BPN Pekanbaru, Husaini.

Larasita akan ditempatkan di setiap kelurahan, terutama di pinggir kota. "Larasita adalah kantor BPN berjalan. Selama ini mobil dipakai untuk penyuluhan, sekarang berfungsi juga untuk pelayanan. Jadi, warga pelosok yang sulit datang ke kantor pertanahan bisa mendatangi Larasita dan akan mendapatkan pelayanan yang sama," jelasnya.

Selain permohonan sertifikat, Larasita juga bisa melayani pengecekan sertifikat dan peralihan hak. "Peralatan masih terbatas, tapi kami akan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," urainya.

Ia juga menambahkan, Supaya warga yang berurusan makin gampang lagi, menurutnya, BPN akan berkoordinasi dengan camat atau lurah untuk menentukan jadwal kapan Larasita mampir di wilayah masing-masing. Dengan begitu warga yang terlayani bisa lebih banyak. "Kalau ada pemberitahuan atau sosialisasi dari pihak kelurahan,  tentu masyarakat yang berkumpul akan lebih banyak, makin banyak warga, makin gampang pula mensosialisasikan syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikat tanah. Dan bagi yang sudah lengkap, bisa langsung mengajukan permohonan sertifikat di mobil Larasati," imbuhnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index