Tanah Dirampas Perusahaan, Ratusan Suku Sakai Jalan Kaki dari Kandis Menuju Kantor Gubernur Riau

Tanah Dirampas Perusahaan, Ratusan Suku Sakai Jalan Kaki dari Kandis Menuju Kantor Gubernur Riau
Ratusan suku sakai saat berjalan kaki dari kandis menuju kantor gubernur riau di pekanbaru

Riauaktual.com - Ratusan Masyarakat suku sakai melakukan aksi jalan kaki dari Kecamatan Kandis Kabupaten Siak menuju kantor Gubernur Riau Pekanbaru. Selasa(14/03).

Aksi jalan kaki yang mencapai jarak tempuh 110 Km ini di diawali dari kelurahan Kandis Kota. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk protes karena merasa tanah ulayat nenek moyang mereka telah di rampas oleh PT.Ivo Mas dan menuntut PT. Ivo Mas agar mengembalikan tanah nenek moyang tersebut kepada mereka.

Koordinator aksi Dapson mengatakan, Suku Sakai sudah puluhan tahun di jajah oleh pihak perusahaan dengan cara merampas tanah milik nenek moyang mereka. Dirinya menuntut agar  PT. Ivo Mas mengembalikan hak-hak mereka.

"Hari ini masyarakat suku sakai melakukan aksi jalan kaki dari Kandis menuju Pekanbaru, kita akan temui Gubernur Riau untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pihak perusahaan mengembalikan tanah ulayat," ujar dapson.

Dapson mengakui bahwa sebelumnya mereka sudah mendatangi PT.Ivo Mas, untuk menegembalikan tanah tersebut kepada mereka, namun hingga saat ini tidak ada tanggapan bahkan sama sekali tidak digubris

"Kami akan terus berjalan kaki menuju Pekanbaru, dan akan menduduki kantor Gubernur, kita akan menjemput Gubernur Riau untuk datang langsung ke tanah ulayat kami yang saat ini ribuan hektar telah di rampas oleh PT.Ivo Mas," sambung Ketua PSSM itu

Ditambahkan Dapson, Meskipun memakan waktu yang lama dan membutuhkan tenaga yang ekstra, namun ratusan Suku Sakai akan terus berjalan kaki menuju kantor Gubernur Riau walaupun menanggung berbagai resiko yang akan dihadapi. (Tr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index