Muswillub FPI Siak

Bupati: Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama

Bupati: Ciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama
foto bersama seusai Muswillub

Riauaktual.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi membuka secara resmi acara Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) ke 1 Front Sambutan DPD Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Siak yang dilaksanakan di Gedung Tengku Maharatu, Sabtu (25/2). Turut hadir dalam kesempatan itu perwakilan FPI Pusat dan Ketua DPD FPI Provinsi Riau Ade Hasibuan.

Dalam sambutannya, Ade Hasibuan mengatakan, bahwa pelaksanaan Muswillub ini merupakan salah satu arahan dari hasil Musyawarah Nasional (Munas) FPI ke 3 yang dilaksanakan di Bekasi. Dimana dalam Munas tersebut diharapkan setiap Daerah bisa membentuk perwakilan FPI.

"Saya jauh-jauh hari sudah mencium semangatnya umat islam untuk membela agama islam di Kabupaten Siak. Oleh karena itu saya sangat senang dengan dilaksanakannya Musyawarah FPI di Kabupaten Siak," ujar Ade Hasibuan.

Dia menjelaskan, terselenggaranya Muswillub ini menjadi bukti bahwa semangat umat islam di Daerah masih berkobar demi  menjaga syariat islam.

"Yang saya herankan, setelah kejadian aksi bela agama 212 banyak daerah yang ingin membubarkan FPI. Akan tetapi, saat ini Daerah yang ingin membubarkan FPI tersebut malah berbondong-bondong membentuk FPI di daerah mereka masing-masing untuk membantu dan membela agama Allah SWT," tegasnya.

Dia berharap semoga FPI Kabupaten Siak secepatnya di bentuk sehingga bisa bersama-sama mewujudnya Kabupaten Siak tanpa narkoba, maksiat dan tidak ada lagi perbuatan yang dilarang oleh syariat islam. Itu semua sesuai dengan tema Muswillub yakni, “Menjalin Ukhuwah Islamiyah Menuju Siak Bersyariah”.  

Sementara, Bupati Siak Syamsuar menjelaskan, dahulunya para pemimpin Negeri Istana ini adalah beragama islam. Dan dimasa pemerintahan para sulthan dahulunya tidak pernah terjadi pertikaian. Ini dibuktikan dengan berdirinya mesjid, gereja dan klenteng yang lokasinya semua hampir berdekatan.

"Sampai saat ini saya terus bersyukur, meskipun Siak ini terdiri dari berbagai agama, suku dan bangsa, tetapi tidak pernah terjadi pertikaian. ini semua tidak terlepas dari bantuan dari semua kalangan masyarakat yang telah membantu dan bekerjasama dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama,"  ucap orang nomor satu di negeri istana itu.

Syamsuar juga berharap, ini merupakan sebuah amanah dari FPI Pusat yang diberikan kepada FPI daerah melalui Munas, agar bisa bekerjasama dengan organisasi lainnya yang ada di Kabupaten Siak dan membantu untuk memciptakan keharmonisan antar umat beragama.

"Saya sangat mendukung program-program FPI. Selain untuk membela agama islam, juga salah satunya adalah memberantas peredaran narkoba yang sudah beredar hingga ke desa-desa di seluruh wilayah Indonesia. Umat islam sendiri menjadi korban dari pemakaian narkoba tersebut,” ujarnya.

Kemudian, Syamsuar juga menceritakan kuatnya persaudaraan umat islam dengan umat agama lainnya. Yakni saat saudara-saudara kita berkumpul di Mesjid Istiqlal Jakarta, akan tetapi saat itu juga ada saudara kita dari agama lain ingin ke Gereja di dekat mesjid Istiqlal tersebut. Apa yang mereka lakukan ? saudara kita membantu saudara kita tersebut dengan memayungi (kebetulan saat itu hari hujan) mereka hingga sampai di Gereja. (jas/rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index