Disdukcapil Kota Pekanbaru Minta Cetak e-KTP di Daerah

Disdukcapil Kota Pekanbaru Minta Cetak e-KTP di Daerah
e-KTP. Foto: Riki

PEKANBARU (RA) - Melihat rentannya kerusakan pencetakan KTP Electronik (e-KTP), Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Disukcapil) Kota Pekanbaru akan melakukan pencetakan e-KTP di Pekanbaru. Pasalnya, dari proses pencetakan selama ini ratusan blangko e-KTP yang dibagikan mengalami cacat dengan berbagai tingkat.

"Untuk tahun 2013, kami berharap pencetakan e-KTP ini dilakukan di Pekanbaru. Sehingga kesalahan ataupun kerusakan e-KTP dapat ditanggulangi dengan cepat. Jadi masyarakat tidak komplain terkait penyerahan e-KTP," demikian dikatakan Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru M.Noer ketika dikonfirmasi RiauAktual.com di gedung DPRD Kota Pekanbaru, Senin (26/11/2012).

Usulan ini sudah diajukan beberapa waktu lalu ke Kementrian Dalam Negri. Namun sepertinya pemerintah belum memberi izin. "Sesuai dengan surat dari Mendagri perekaman tetap akan dilakukan di pusat," Jelasnya.

M. Noer juga mengatakan, untuk pemberlakuan e-KTP pemerintah masih belum berikan batas waktu. Namun untuk KTP biru pemerintah sudah memberikan batasan yakni akhir Oktrober 2013 mendatang. "KTP non elektronik tahun 2013 mendatang tetap akan diberlakukan sampai perekaman serta pembagian e-KTP akhir Oktober 2013. Untuk perekaman sendiri kini sudah selesai dan dibagikan mencapai 241.750 keping. Sementara jumlah yang sudah diterima  sekitar 366.596 keping dari 428.342 orang yang telah melakukan perekaman," imbuhnya. (RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index