Idul Adha Penumpang Sei Duku Naik 20 persen

Idul Adha Penumpang Sei Duku Naik 20 persen
(int)

PEKANBARU (RA)- Dalam perayaan Idul Adha 1433 Hijriah penumpang di Pelabuhan Sei duku Pekanbaru naik 20 persen dibanding hari biasa.

Jika dihari biasanya jumlah penumpang kedatangan dan keberangkatan hanya berjumlah 500 orang, namun tiga hari menjelang Idul Adha dan dua hari sesudahnya jumlahnya mencapai 700 orang .

Menurut Kepala Syahbandar Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru Fiktori mengatakan, peningkatan jumlah penumpang tersebut sudah terjadi sejak Selasa (23/10/12) lalu, peningkatan tidak terjadi signifikan.

"Sejauh ini memang ada peningkatan jumlah penumpang. Tapi masih batas yang wajar-wajar saja, dan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan," ujar Fiktori kepada RiauAKtual.com.

Menurut Fiktori, hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya, karena banyak masayarakat yang bertempat tinggal di kepulauan ingin merayakan hari raya di kampung halamannya.

'Hari raya idul adha ini sama halnya dengan hari raya cina (imlek), jumlah peningkatannya juga hampir sama," ujar Fiktori.

Karena masih dalam batas yang wajar, pihak pelabuhan tidak memberlakukan kebijakan baru ataupun peningkatan keamanan di Pelabuhan, karena masih dianggap wajar.

"Kita tidak ada melakukan peningkatan pengawasan di Pelabuhan, tidak berbeda dari hari-hari biasanya, masih dianggap wajarlah," ujarnya.

Menurut Fiktori, tujuan penumpang yang paling banyak yakni dua daerah Kepulauan Meranti dan Bengkalis, namun ada juga tujuan beberapa daerah kepulauan lainnya hingga tujuan Tanjung Pinang, Batam dan Tanjung Balai Karimun.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index