Dana Rp500 Juta dari DAK

Pasar Rumbai akan Direvitaslisasi

Pasar Rumbai akan Direvitaslisasi
Ingot Ahmad Hutasuhut Kadis Perindag

PEKANBARU (RA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau melakukan revitalisasi terhadap pasar tradisional Rumbai dengan menggunakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2016.

"Pekanbaru mendapat DAK sebesar Rp500 juta untuk revitalisasi pasar," kata kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru.

Menurut Ingot saat ini proses pengadaan barang/jasa sudah dilakukan hingga bisa segera dikerjakan dan tuntas sebelum tahun anggaran berakhir.

Kami sudah melakukan tender lelang revitalisasi pasar dan didapat pemenangnya," kata Ingot menjelaskan.

Selanjutnya  untuk memastikan pengerjaan revitalisasi Pasar Rumbai bisa segera dimulai,  pihaknya juga sudah melakukan peninjauan kemaren.

"Kami sudah pastikan bagaimana nantinya agar pekerja tidak menggangu aktifitas para pedagang," terang dia.

Menurut Ingot revitalisasi Pasar Rumbai ini bertujuan untuk menciptakan pasar tradisional yang higenis dan representative,.

"Makanya kami pilih Pasar Rumbai karena mendesak,  saat ini masih terdapat khususnya los ikan dan daging yang belum layak," tegasnya.

Ia merinci anggaran DAK sebesar Rp500 juta akan diperuntukan bagi perbaikan lantai dasar los ikan dan daging yang kini masih terbuat dari semen biasa menjadi keramik.

Kemudian juga untuk  membuat kandang dan bak khusus untuk menampung dan menyimpan ikan dan ayam. Kemudian perbaikan saluran buangan limbah air di pasar ikan dan daging.

 "Los ikan dan ayam serta daging di Pasar Rumbai masih belum layak," tegasnya,

Ingot menambahkan pengerjaan Pasar Rumbai akan segera dimulai dan ditergetkan akan tuntas menjelang akhir tahun 2016.

Terkait para pedagang yang akan direvitalisasi los ikan dan daging, Pemerintah Kota (Pemko) akan mencarikan tempat penampungan sementara (TPS) hingga pasar selesai.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index