Antisipasi Pendatang ilegal, Disdukcapil Bakal Gelar Razia

Antisipasi Pendatang ilegal, Disdukcapil Bakal Gelar Razia
ilustrasi

PEKANBARU (RA) - Guna mengatisipasi terjadinya urbanisasi dan membludaknya pendatang baru masuk ke Pekanbaru, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bakal segera menggelar razia. Sebab berkaca pada tahun lalu, Kota Bertuah kerap menjadi sasaran pendatang baru pasca lebaran Idhul Fitri 1437 Hijriah.

?Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Baharuddin mengatakan, pihaknya akan melakukan razia terhadap para pendatang dalam waktu dekat.?

?"Kita biasanya akan bekerjasama dengan Satpol PP. Kami tunggu Satpol PP karena mereka nanti membantu kita dalam hal pengamanan," katanya.

?Baharuddin tidak memungkiri, jika sehabis lebaran ataupun usai libur hari-hari besar lainnya banyak yang datang ke Pekanbaru. Namun tidak terlalu seknifikan.

?"Jika hendak datang ke Pekanbaru, harus memiliki dokumen lengkap seperti identitas diri maupun dokumen lainnya.? Kalau tidak ada, maka kita pastikantidak akan melayani mereka. Disamping itu mereka ini datang tapi tidak melapor resmi," jelasnya.?

?Maka dari itu, ia menghimbau kepada Lurah, RT maupun RW untuk bisa mencatat kembali mereka yang masuk dan akan menetap di Pekanbaru.?

?"Jadi segeralah melapor. Kita tidak melarang orang datang tapi bawalah dokumen resmi," sambungnya.?

?Jika nantinya pihak Disdukcapil maupun Lurah, RT dan RW menemukan adanya warga yang tidak melapor kedatangannya ke Pekanbaru, pihaknya akan meminta yang bersangkutan untuk kembali ketempat asalnya.? (YAN)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index