Kembangkan Wisata Air, Wawako Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

Kembangkan Wisata Air, Wawako Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi beserta rombongan meninjau Pra-Festival Sungai Siak.

PEKANBARU (RA) - Tampaknya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru serius untuk mengangkat potensi wisata yang dimilikinya. Hal ini terbukti dari rencana pembuatan wisata terapung yang dipusatkan di pinggiran Sungai Siak, dalam tajuk Festival Sungai Siak 2016.

Dalam rangka persiapan wisata terapung tersebut, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi berlayar bersama rombongan, untuk melihat spot menarik dan eksotis di bantaran Sungai Siak.

Usai berlayar, Ayat menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Siak untuk tetap menjaga kebersihan sungai. Sehingga objek wisata air ini dapat dikembangkan dengan baik.

“Jika Sungai Siak bersih, maka pariwisata disini bisa berkembang dengan pesat. Disamping itu, perekonomian masyarakat disekitar ini juga akan ikut terdongkrak dengan sendirinya,” ujar Ayat.

Ditempat berbeda, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru, Hermanius mengatakan, hari ini sudah dimulai berlayaran bersama Wakil Walikota untuk melihat destinasi wisata air mana yang bisa dijadikan sebagai dasar dianggap menarik dan eksotis yang akan dikelola dengan baik untuk dijadikan wisata terapung.

“Yang jelas disana nanti akan dibuat juga restoran terapung.  Untuk mewujudkan ini semua, akan bekerjasama dengan industri pariwisata yang ada di Pekanbaru juga,” ungkap Hermanius.

Hermanius menambahkan, sebanarnya tepian Sungai Siak ini memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan. Hanya saja, perlu dikemas supaya lebih menarik lagi. Ditambah lagi, tahun depan Pemko Pekanbaru melalui Dishubkominfo akan memperoleh bantuan pembangunan dermaga dari Pemerintah Pusat.

“Menurut informasi dari Dishubkominfo ada sebanyak 6 demarga yang akan dibantu pusat. Semoga tahun depan dermaga ini sudah mulai terbangun. Sehingga bisa menjadi penunjang wisata terapung di Pekanbaru,” harapnya.


Laporan : YAN

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index