Besok 18.135 Siswa SD Sederajat di Pekanbaru Bakal Mengikuti US

Besok 18.135 Siswa SD Sederajat di Pekanbaru Bakal Mengikuti US
ilustrasi

RIAUAKTUAL.COM - Sebanyak 18.135 siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat di Pekanbaru akan mengikuti Ujian Sekolah (US). Jumlah ini tersebar di seluruh sekolah negeri mau pun swasta yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Minggu (15/5) di Pekanbaru mengatakan bahwa US ini sama dengan Ujian Nasional (UN) yang telah dilalui pelajar SMP dan SMA beberapa waktu yang lalu.

"Ya besok (Senin-red) US akan digelar. Jika di tingkat SMP atau SMA ini disebut dengan UN, di SD tidak disebut UN namanya, tapi Ujian Sekolah," kata Jamal.

Jamal menambahkan,  ribuan siswa SD yang mengikuti US hari ini (Senin red) tersebar di 275 sekolah yang ada di Pekanbaru. Siswa yang mengikuti ujian ini menempati ruang kelas yang jumlahnya mencapai 1.033 ruangan dan akan diawasi oleh 2.066 pengawas. Sedangkan untuk soal ujian sendiri, saat ini sudah sampai di kantor Disdik kota Pekanbaru. Sama seperti UN di tingkat SMP dan SMA lalu.

"Soal ujian sudah sampai ke kita. Hari Jumat lalu kami terima dari Dinas Pendidikan provinsi. Untuk soal ujian sendiri kta standbykan di kantor Disdik Pekanbaru dan akan diambil pagi sebelum jadwal ujian dimulai,"kata Jamal.

Menurut Jamal, US ini merupakan ujian sekolah yang soalnya dibuat oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi Riau. Berbeda dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) SD yang sudah selesai dilaksanakan beberapa pekan lalu soal dibuat oleh Disdik Pekanbaru.

"UAS SD seluruh soal diisiapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. Sedangkan untuk US SD, soal ujian dibuat llangsung oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan persentasi 25 persen dari pemerintah pusat dan 75 persen dari pemerintah provinsi," terangnya.

US siswa SD akan berlangsung selama tiga hari, yakni dimulai pada tanggal 16 hingga 18 Mei. Sedangkan untuk mata pelajaran yang diujian ada tiga, yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


Laporan : YAN

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

index