Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke 230, Kota Pekanbaru Jadi Tujuan Investasi

Dibaca: 745 kali  Tanggal Galeri : Senin,23 Juni 2014

PEKANBARU, RiauAktual.com - Genap sudah usia Kota Pekanbaru 230 tahun. Kini, kota 'Bertuah' tersebut telah tumbuh pesat dan menjadi tujuan investasi dari berbagai daerah di Indonesia. Tak ayal pula, tema Hari Ulang Tahun Kota Ke 230 ini diambil tema 'Melalui Hari Jadi Ke-230, Mantapkan Jati Diri Pekanbaru sebagai Kota Investasi yang Prospektif dalam Tatanan Masyarakat Madani'.

Walikota Pekanbaru, dalam pidatonya saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Pekanbaru bersempena Hari Jadi Pekanbaru Ke-230, Senin (23/6/2014), mengatakan, diusungnya tema tersebut karena Kota Pekanbaru telah menjadi salah satu kota tujuan investasi terbaik di Indonesia.

"Ini ditandai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh The Boston Consulting Group, satu lembaga penelitian independen yang berkedudukan di Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa Pekanbaru merupakan kota tujuan investigasi terbaik hingga 30 tahun ke depan," ungkap Firdaus.

Kemudian, dijelaskannya, bahwa pada 2014 ini, pada Maret dan April lalu, dua lembaga independen lainnya yaitu dari Markplus Insight Marketing and Social Research dan Sindo Weekly, Ppekanbaru juga telah menerima penghargaan sebagau kota tujuan investasi di Indonesia.

"Juga ditandai dengan banyaknya permintaan dari pengusaha yang mengajukan perizinan untuk investasi di Kota Pekanbaru berupa pembangunan pasar, bisnis, perkantoran, perhotelan, perumahan, industri, dan jenis lainnya," terang Firdaus lagi.

Beberapa indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menetapkan Pekanbaru sebagai kota tujuan investasi di Indonesia yakni melihat tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, jika 2011 pertumbuhan ekonomi hanya satu digit yaitu 9,56 persen, maka pada 2012 angka pertumbuhan tersebut menembus angka dua digit yakni 10,57 persen.

"Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi Propinsi Riau, bahkan angka pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya berkisar antara 6 sampai 7 persen," paparnya.

Kemudian, pendapatan perkapita penduduk Kota Pekanbaru yang menunjukkan trend positive. Jika pada 2011 pendapatan perkapita hanya sebesar Rp45,197 juta, maka pada 2012 meningkat menjadi Rp53,759 juta, peningkatan 84 persen.

Kemajuan yang cukup tinggi juga dapat dilihat dari nilai produk domestik regional bruto yang pada 2011 hanya Rp45,257 triliun, pada 2012 meningkat menjadi Rp55,814 triliun.

"Tingkat inflasi juga cukup rendah, yaitu 0,8 persen pada Oktober 2013," papar Firdaus lagi.

Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Pekanbaru ini diselenggarakan di DPRD Kota Pekanbaru, dihadiri oleh Gubernur Riau Annas Maamum, Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, anggota Forkopimda, para Anggota DPRD Kota Pekanbaru, para rektor perguruan tinggi, konsul Malaysia dan lainnya.

Paripurna istimewa dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sahril SH didampingi Wakil Ketua DPRD Dian Sukheri. Sebelum paripurna digelar, dibacakan terlebih dahulu kallam Ilahi, pembacaan doa, pembacaan dan penayangan sejarah Kota Pekanbaru.

Sahril dalam membuka rapat mengatakan, rapat paripurna tersebut telah dituangkan dalam Peraturan Daerah Kota Pekanbaru nomor 8 tahun 2005, bahwa tanggal 23 Juni ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Pekanbaru.

"Kita apresiasi secara baik tokoh masyarakat dan pemuda saat itu sebagai pelaku sejarah, ini bukti kita menghargai pelaku sejarah, mari kita tingkatkan tekat untuk membangun Kota Pekanbaru ini kedepannya secara bersama-sama," kata Sahril.

Sahril sebagai wakil rakyat juga merasakan bahwasana Pekanbaru sekarang sudah semakin berkembang. Untuk itu, keberhasilan Kota Pekanbaru tak terlepas dari kerja keras semua pihak yang ada di Kota Pekanbaru.

"Syukur kita kepada Alloh Subahanahu Wataala, bahwa kota kita semakin maju. Kini Pekanbaru sebagai Kota Madani sudah di ambang mata," pungkasnya. (riki)

Pimpinan Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Pekanbaru foto bersama Walikota dan pejabat Pemko serta Gubernur Riau dan tokoh adat melayu Riau.

Para anggota DPRD Kota Pekanbaru mengikuti rapat paripurna Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke 230.

Para istri Anggota DPRD Kota Pekanbaru saat mengikuti Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Pekanbaru.

Para pimpinan DPRD Kota Pekanbaru pejabat Pemko Pekanbaru saat menunggu Gubernur Riau dalah Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke 230.

Para Undangan Paripurna Hari Jadi Kota Pekanbaru Ke 230 makan siang bersama di tenda yang telah disediakan.

Tokoh Adat Melayu membacakan sejarah Kota Pekanbaru.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Sahril SH saat memimpin rapat paripurna istimewa HUT Kota Pekanbaru Ke 230.

Gubernur Riau Annas Maamun menyampaikan pidatonya.

shadow