HOT TOPIC

Pustaka Soeman HS Riau, Pusat Penyimpanan Buku Kebudyaan Melayu di Sumatra

Dibaca: 29621 kali  Kamis,09 Mei 2013 | 06:32:00 WIB
Pustaka Soeman HS Riau, Pusat Penyimpanan Buku Kebudyaan Melayu di Sumatra Ket Foto : Gedung Pustaka Soeman HS Riau di Jalan Jendral Sudirman Kota Pekanbaru. FOTO: int/teks-riki

PEKANBARU, RiauAktual.com - Perpustakaan Soeman Hs ditetapkan sebagai pusat buku-buku sejarah kebudayaan Melayu di Sumatra oleh Badan Perpustakaan Nasional. Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Kepala  Badan Perpustkaan Nasional tiga tahun yang lalu.

Demikian  dikatakan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Riau Chairul Riski Kamis (9/5). Menurut mantan Kabiro Humas Pemprov Riau ini perpustakaan Soeman HS perlu dikembangkan lagi. Untuk itu, perlu persiapan dalam mengembangkan perpustakaan Soeman HS tersebut.

"Pusat buku-buku mengenai kebudayaan melayu di Sumtra adalah di Provinsi Riau. Untuk itu, kita akan datang kembali ke Jakarta untuk menindaklanjutkannya kembali mengenaia Perpustakan Seoema HS sebagai pusat buku kebudayaan Melayu di Sumatra," terang Riski.
 
Perpustakaan Soeman HS, kata Rizki, saat ini memiliki fasilitas llayanan yaitu, lantai dasar tempat layanan anak, lantai satu dan dua layanan umum, lantai 3 bilik melayu. Fasilitas layanan tersebut, dapat dimanfaatkan oleh masayarkat sampai jam kerja tutup.

"Jumlah buku yang ada di Perpustakaan Riau lebih kurang 500.000 exsemplar. Dengan judul, lebih kurang 80.000 judul. Sedangkan tingkat kunjungan perhari rata-rata mencapai 1000 orang perhari," jelas Riski.

Jenis buku di Perpustakaan Seoeman HS, kata Riski, lebih kurang  720.000 eksemplar. Buku itu terdiri, agama, umum kamus dan sebagainya.

"Peningkatan pelayanan dan pengadaan buku perlu dikembangkan. Kunjungan pelajar mahasiswa dan masayrkat setiap saat sangat tinggi karena kita sudah banyak penambahan buku-buku. Kemudian kita juga berkerja sama dengan perpustakaan lainnya," kata Riski lagi.

Sumber: Riauaksi.com
Editor: Riki

Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow